Jumat, 04 Januari 2008

WIKIPEDIA BIKIN SEARCH ENGINE


Minggu depan Wikipedia akan mulai meluncurkan mesin pencarian internet. Namun program ini tidak akan melibatkan Google maupun mesin pencarian raksasa lainnya.


Jimmy Wales, founder Wikipedia, menyatakan bahwa dirinya akan membuat sebuah mesin pencarian yang akan terkumpul secara kolektif melalui partisipasi para pengunjung Wikipedia. Cara ini masih mencontoh format 'user generated' yang dikembangkan Wales pada Wikipedia, dimana setiap pengunjung situs boleh menambah atau mengedit masukan yang ada.

"Saya berharap Wiki Search akan mengurangi dominasi dua atau tiga perusahaan mesin pencari yang mendominasi arus mesin pencarian di dunia maya," ujar Wales, seperti dikutip
Associated Press, Kamis (3/1/2008).

Beberapa pengamat internet meragukan keabsahan konten pada wiki search. Mereka menganggap bahwa wiki Search nantinya hanya akan mengarahkan pengunjung pada spam.

Wales menargetkan bahwa proyek tersebut, untuk pertama kali, akan melibatkan 50 juta hingga 100 juta web pages index.

Jika Wales mencoba untuk menantang Google dengan mesin pencariannya, Google malah telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan wikipedia versi Google dengan nama knol. Di sini Google mampu mengidentifikasi setiap pengunjung yang memposting artikel dan memungkinkan pembagian revenue dari iklan di dalam knol.



Dikutip dari OkeZone.com

Tidak ada komentar: