Sabtu, 29 Desember 2007

Platform terbaru dari AMD

Masih ingatkah anda dengan superhero dengan kostum laba-laba ? Anda benar sekali.... dialah spiderman. Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang spiderman karena sekuel filmnya belum ramai dibicarakan. Terus apa donk yang akan kita bahas ? dan apa hubungannya dengan spiderman ?

Tentu ada hubungannya.... karena kali ini kita akan membahas tentang platform terbaru dari AMD dengan nama SPIDER (namanya miripkan ?). Nah sekarang yang menjadi pertanyaan, apa dan bagaimana spider itu ? Silahkan ikuti ulasan berikut......
Spider adalah sebuah platform terlengkap saat ini dan sangat pantas disebut sebagai all AMD Platform. Mengapa demikian ? Hal tersebut dikarenakan AMD spider menggunakan 3 (tiga) komponen wajib yaitu :
  • AMD Phenom
  • Chipset AMD 7 series dan,
  • Graphic controller dari AMD-ATI Radeon
belum cukup sampai disitu, AMD spider juga didukung teknologi mutakhir terkini diantaranya :
  • ATI PowerPlay
  • Cool 'n Quiet 2.0
  • DirectX 10.1
  • Hyper Transport 3.0 dan,
  • PCI Express 2.0
Walaupun sebenarnya fitur-fitur tersebut belum begitu dibutuhkan oleh semua kalangan, tetapi melihat perkembangan teknologi yang semakin hari berkembang begitu pesat bukan mustahil bila suatu hari fitur-fitur tersebut dibutuhkan oleh semua kalangan dan hal tersebut yang mungkin dipikirkan oleh pihak AMD. Dan sehubungan dengan hal tersebut, peluncuran AMD spider lebih ditujukan kepada kalangan enthusiast.

Tiga 3 (tiga) komponen utama AMD Spider
  1. AMD Phenom
Menggunakan processor desktop AMD Phenom quad-core yang ber-design quad-coreprocessor in one die atau quad-core processor dalam satu die (bukan dua die dual-core yang digabung dalam 1 (satu) CPU). Design ini menurut AMD lebih menjanjikan performa yang lebih baik, meskipun ongkos produksi yang dibutuhkan lebih tinggi dengan tingkat kesulitan produksi yang juga lebih tinggi. Dari hal tersebut membuat AMD mengalami keterbatasan yang salah satunya keterbatasan dalam menghadirkan CPU dengan clock yang tinggi.

AMD Phenom yang tersedia saat ini:
  • AMD Phenom 9500 dengan clock 2,2 Ghz
  • AMD Phenom 9600 dengan clock 2,3 Ghz
AMD Phenom dengan clock 3 atau bahkan lebih akan segera diluncurkan AMD ditahun 2008 (kita tunggu saja).

Fitur-fitur AMD Phenom:
  • 2MB L3 cache shared (untuk keempat core)
  • memory contoller mendukung PC2-8500 DDR2 1066 (DDr2 1066 saat ini masih menunggu stadarisasi dari JEDEC)
  • 128 fpu dengan peningkatan branch prediction dan SSE4A
  • HypertTransport 3.0 menjanjikan bandwith 2X lipat (hal ini lebih optimal jika menggunakan motherboard yang sudah mendukung HT3.0)
  • Phenom juga memiliki Backward compatibillity dengan HT 2.0
  • socket phenom masih menggunakan socket milik AM2. tetapi AMD mengajurkan untuk tetap menggunakan motherboard socket AM2+, hal tersebut di-karenakan dukungan yang jauh lebih baik. Diantaranya HT 3.0 dan split voltages untuk masing core.

2. Chipset AMD-7 serie
s

Chipset ini hadir dengan feature terbaru. Selain untuk mendukung processor, chipset ini juga mendukung HT 3.0 dan PCI Express bahkan bisa dimungkinkan untuk dipasangkan dengan 4 graphic card (maksimal). Sehingga dapat digunakan untuk Microsoft Flight Simulator dengan 8 monitor sekaligus. Untuk varian unggulan AMD menempatkan AMD 790FX yang ditujukan khusus untuk para overclocker dan kalangan enthusiast.


3. ATI RADEON HD 300 series

Ini merupakan video card jajaran terbaru. ATI Radeon HD 3800 adalah video card dengan GPU ATi RV670 yang architecture-nya hampir sama dengan R600 pada ATi Radeon HD 2900XT.
R760
adalah graphic controller pertama yang sudah mendukung DirectX 10.1 yang nantinya baru tersedia pada windows vista SP 1 yang akan hadir pertengahan 2008. R760 juga memiliki stream processor dengan jumlah yang sama, serta texture unit dan ROP yang sama dengan R600. Saat ini RV670 menggunakan memory 256 bit, bandingkan dengan R600 yang menggunakan memory 512 bit.
Saat ini ATI Radeon yang sudah diperkenalkan adalah HD 3850 dan 3870 dengan perbedaan terletak pada clock speed dan memory yang digunakan
Fitur PowerPlay pada ATI dapat mengoptimalkan konsumsi daya pada GPU. Selain itu tidak hanya dalam keadaan idle, video card ATI HD 3800 series dapat mematikan beberapa fungsi spesifik yang tidak diperlukan saat beraksi.

Tidak ada komentar: